Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Soal dan Pembahasan UNBK Biologi tentang Enzim 2019

Konten [Tampil]

Bab     :  Biomolekuler dan Bioteknologi
Materi  : Enzim
Kelas   : 12 Semester 1


 UN Biologi 2014
 Pembahasan

pada soal ini kita diminta untuk membuat kesimpulan berdasarkan tabel, grafik ataupun lainnya, sehingga cari yang paling tepat. kunci mencari kesimpulan seperti ini cari komponen-komponen apa saja yang dibuat berbeda.

dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa gelembung udara yang dihasilkan yang nantinya dapt menyalakan bara api dipengaruhi oleh konsentrasi substratnya yaitu konsentrasi ekstrak hati.

jadi pilihan yang tepat adalah (C). Konsentrasi Ekstrak Hati. 


 UN Biologi 2016
 Pembahasan

Dari pernyataan soal dapat diketahui bahwa enzim pepsin bekerja pada suasa asam atau derajat keasamannya kurang 7. grafik tersebut yang searah dengan sumbu X menunjukkan derajat keasaman sedangkan yang searah dengan sumbu Y menunjukkan kecepatan reaksinya, sehingga grafik yang paling cocok untuk enzim pepsin adalah pilihan (A).


 UN Biologi 2015
 Pembahasan

Enzim katalase adalah enzim yang dapat menguraikan senyawa hidrogen peroksida menjadi uap air dan oksigen. oksigen yang dihassilkan dibuktikan dengan menyalanya bara api yang didekatkan pada sumber. enzim katalase bekerja pada kondisi/ suasana netral atau sama dengan 7. pada pilihan soal di samping tidak ada yang cocok dengan defini tersebut, grafik yang benar seperti berikut



 UNBK Biologi 2017
 Pembahasan

dari gambar di samping dapat dianalikan bahwa produk akan tercipta apabila terjadi kesesuaian antara enzim dan substrat. dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa enzim bekerja secara spesifik dalam membentuk komplek enzim-substrat

jadi pilihan yang tepat adalah (B). kerja enzim spesifik


    Dewanto Huang
    Dewanto Huang Pembelajar & Pengajar MIPA
    Print Friendly and PDF

    Post a Comment for "Latihan Soal dan Pembahasan UNBK Biologi tentang Enzim 2019"