Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Soal dan Pembahasan UNBK Biologi tentang Transpor Membran 2019

Konten [Tampil]



 UN Biologi Tahun 2017 No 30
 Pembahasan
 
kentang X direndam dengan larutan garam 1% sedangkan kentang Y direndam dengan larutan garam 5%. Setelah 60 menit hal yang akan terjadi pada kentang tersebut adalah kandungan air yang terkandung dalam kentang Y akan menuju ke luar sel ( laruan garam 5% ), peristiwa ini dikarenakan kentang berada dalam larutan hipertonik. Pengaruh yang terjadi pada kentang adalah mengalami peristiwa plasmolisis, keadaan melepasnya membran plasma dari dinding sel tumbuhan

Pilihan yang tepat adalah (B). plasmolisis karena larutan hipertonik. 


UN Biologi Tahun 2016 No 22
  Pembahasan
 
keadaan dimana molekul air / pelarut pindah dari konsentrasi rendah ke tinggi melalui membran semi permeabel disebut osmosis. sedangkan difusi adalah perpinahan partikel zat dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Transpor aktif adalah istilah untuk perpindahan partikel maupun pelarut yang membutuhkan ATP karena melawan arah gradien konsentrasi atau dari konsentrasi rendah ke tinggi. Endositosis adalah penelan partikel zat ke dalam sel, sedangkan eksositosis sebaliknya.

Pilihan yang tepat adalah (B). Osmosis.


 UN Biologi Tahun 2014 No 12
  Pembahasan
 
pada gambar di samping terjadi percobaan perendaman sel tumbuhan pada larutan X, Y, dan Z. Identifikasi larutan tersebut sebagai berikut 
  1. Keadaan X adalah isotonik, keadaan dimana konsentrasi cairan sel dan luar sel sama
  2. Keadaan Y adalah turgid, keadaan dimana konsentrasi dalam sel lebih tinggi dibanding luar sel/ hipotonik, sehingga air masuk menyebabkan sel membengkak.
  3. Keadaan Z adalah plasmolisis, keadaan dimana membran sel terlepas dari dinding sel dimana konsentrasi cairan luar sel lebih tinggi dibanding dalam sel/ hipertonik. cairan dalam sel keluar menuju cairan luar sel.  
Pilihan yang tepat adalah (C).




Dewanto Huang
Dewanto Huang Pembelajar & Pengajar MIPA
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Latihan Soal dan Pembahasan UNBK Biologi tentang Transpor Membran 2019"